Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 27 Juni 2011

Cara Membuat Sorot Lampu Dengan 3D max


Membuat Sorot Lampu

  1. Sebagai langkahawal, kita akan membuat objek lantai yang dibuat dengan menggunakan objek Plane (ikuti petunjuk gambardi bawah).
           
  1. Buat objek Plane pada view port Top.
           

  1. Pastikan objek Plane yang Anda buat barusan, masih dalam keadaan terpilih, kemudian buka tab Modify. Aturse perti parameter di bawah.
           
  1. Buka Material Editor dengan menekan tombol M di keyboard. Pilih salah satu slot material dan biarkan dengan warna default (seperti gambar di bawah).
           
  1. Pastikan objek Plane yang baruAnda buat sebelumnya tetap dalam keadaan terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection (lihat petunjuk gambar di bawah). Tombol ini berfungsi untuk memasukkan warna/material ke objek terpilih.
           
  1. Sekarang kita akan membuat objek Text. Ikuti petunjuk gambar di bawah.
           
  1. Kliksekalipada viewport Front untukmembuatobjek Text.
     
  1. Buka tab Modify dan atur seperti parameter di bawah.
           
  1. Masih pada tab Modify, klik Modifier List dan berikan Modifier Extrude (gambar di bawah).
           

           
  1. AturAmount = 2. Ini adalah parameter ketebalandari Modifier Extrude.
           
  1. Tekan tombol M di keyboard kembali dan pilih slot material yang kosong. Anda beri warna hijau lemon atau warna kesukaan Anda yang lainnya. Masukkan ke objek Text yang telah Anda buat sebelumnya. Cara memasukkan warna ke objek sama seperti ketika Anda memasukkan warna ke objek Plane pada langkah sebelumnya.
           
  1. Sekarang kita akan membuat efek lampunya. Kita akan menggunakan Target Spot. Buat seperti petunjuk gambar di bawah.
           
  1. Buat pada viewport Front, seperti panduan gambar berikut.

  1. Buka tab Modify dan aktifkan Shadow On. (gambar di bawah).
           
  1. Atur juga parameter seperti gambar berikut. Parameter ini berfungsi untuk mengecilkan besaran dari Target Spot.
           
  1. Posisi di viewport Perspective tampaksepertigambardibawah.
           
  1. Lakukan Render untuk melihat hasilnya sementara. (ikuti petunjuk di bawah).

  1. Klik tombol Render.
           
  1. Berikut hasil Render-nya.
           
  1. Tutup jendela Render. Pastikan Target Spot yang telah Anda buat masih terpilih dan pada tab Modify, klik tombol Add. Tombol ini berfungsi untuk menambahkan efek Volume Light.
           
  1. PilihVolume Light dan klik tombol OK.
           
  1. KliktulisanVolume LightdankliktombolSetup.

  1. Akan terbuka jendela Environment and Effects. Kurangi parameter Density = 3. Density adalah kepekatan dari cahaya. Biarkan parameter yang lain dalam keadaan default.
           
           
  1. Selanjutnya kita akan menambahkan efek gambar untuk efek volume light-nya. Pada tab Modify, buka rollout Advanced Effects dan klik tombol None.
           
  1. Klik ganda Bitmap.
           
  1. Pilih salah satu file Gambar dan klik tombol Open.

  1. Atur view port dengan tombol-tombol navigasi seperti petunjuk gambar di bawah.
           

  1. Lakukan Render kembali.Dan Anda lihat hasil Render akhirnya.

selesai......
selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar